Home » » Sejarah Gitar Listrik/Gitar Elektrik

Sejarah Gitar Listrik/Gitar Elektrik

Sejarah Gitar Listrik/Gitar Elektrik - Sejarah gitar listrik bermula pada tahun 1930, ketika seorang yang bernama George Beauchamp mulai mencari cara untuk menambah volume gitar. Diketahui jika suatu kawat di beri gaya medan magnet maka dapat menciptakan arus listrik. Atas dasar pemikiran ini dia meneliti dan mengadakan suatu percobaan dengan jarum Gramopon (pada dasarnya teknologi ini bisa di dapati pada motor-motor listrik, generator, jarum gramopon, radio dan mic). Ia percaya bahwa jika senar gitar digetarkan dekat medan magnet akan bisa diubah menjadi arus-arus listrik dan kemudian di konversi kembali menjadi gelombang suara melalui speaker.
Sejarah Gitar Listrik/Gitar Elektrik
Berbulan-bulan dan bekerja sama dengan Paul Barth maka terciptalah pickup pertama yg sederhana terdiri dari 6 kutub dan tiap-tiap kutub untuk masing-masing senar. Pickup berisi kumparan yg digulung rapi. Menurut ceritanya, Ia mengambil kumparan itu dari mesin cuci dan melilitnya kembali dengan motor mesin jahit. Penemuannya ini sangat dihargai dan mendapatkan hak paten.

Dengan penemuannya ini maka langkah selanjutnya ia mencari orang yg mau bekerja sama dan membantu dalam soal dana. Ia menghubungi Adolph Rickenbacher temannya dulu di National String Instrumen Company tempatnya bekerja. Mereka bekerja sama dan membentuk sebuah perusahaan dengan nama Instrumens Rickenbachers. Akhirnya Mereka mulai memproduksi gitar listrik pertama yang disebut "The Frying Pan" (mungkin karena badan gitarnya terbuat dari panci). Ini yg membuat perusahaan mereka tertulis dalam sejarah sebagai pabrik yg pertama membuat dan memproduksi gitar listrik.

Selanjutnya seseorang yg bernama Lioyd Loar memperkanalkan gitar listrik yg modelnya berbentuk gitar spanyol . Ia dianggap yg pertama kali membuat dan memasarkan gitar model ini. Ia telah banyak melakukan percobaan-percobaan ini mulai awal 1920 dan tahun 1933 mendirikan perusahaan dengan nama Vivi-Tone yg merupakan anak perusahaan dari Gibson
Company.

Perusahaan ini memproduksi gitar listrik dengan bentuk gitar spanyol tapi dalam 1 tahun perusahaan ini tidak berhasil. Dari kegagalan ini, akhirnya mengilhami Gibson Company untuk mencoba melanjutkan menciptakan gitar listrik. Dari usaha-usaha yg dilakukan maka terciptalah gitar listrik ES-150 yg nantinya menjadi perintis gitar-gitar listrik selanjutnya

Sjarah gitar listrik berlanjut pada tahun 1933 pada saat Alvino Rey yg juga bekerja pada Gibson Company mengembangkan Pickup gitar listrik yg lebih baik selain kualitas suara bentuknya jg diubah.

Di balik kesuksesan ES-150 masih didapati banyak kekurangan, karena badan gitar yang berongga maka getaran dari badan gitar juga ditangkap pickup sehingga ikut terdengar pada amplifier. Selain itu sering terjadi feedback dan suara-suara yang tak diinginkan. Karena itu seorang gitaris jazz terkenal Les Paul memperkenalkan solusi baru untuk membuat badan gitar padat berongga.

Pada akhirnya Ia sukses membuat gitar padat dan menghasilkan suara yg bagus tanpa feedback atau suara - suara yg tidak dikehendaki. Selain itu ia menambahkan pickup pada bagian gitarnya menjadi 2. Pada tahun 1946 ia membawa gitarnya ini ke Gibson tetapi ditolak dengan alasan konsumen kurang tertarik dengan gitar badan padat. Ia merasa kecewa karena usaha yang ia rintis akhirnya gagal.

Tidak lama kemudian seorang yg bernama Leo Fender percaya bahwa gitar yg dibuat oleh Les Paul dengan gitar badan padatnya akan banyak diminati oleh para konsumen. Akhirnya pada tahun 1943 ia membuat gitar badan padat yg terbuat dari kayu pohon Ek dan menyewakannya kepada para musisi agar mendapat banyak dukungan. Akhirnya pada tahun 1949 Leo Fender mendapat kesuksesannya dengan gitar model gitar badan padatnya sehingga mendapat penghargaan.

Melihat kesuksesan Leo Fender dengan gitar badan padatnya maka GIbson Company Akhirnya kembali melihat contoh gitar Les Paul dan mendesainnya ulang. Pada tahun 1952 diputuskan untuk memproduksi gitar badan padat dan menjadi suatu standar industri. Walaupun inspirasinya datang dari Les Paul gitar Gibson yg sekarang kita kenal dinamai menurut nama perusahaanya.

Pada tahun 1961 Ted McCarty memperkenalkan ES-335 suatu gitar semi-hollow yaitu gabungan antara gitar berongga dan gitar badan padat. Dengan cepat gitar ini menjadi populer digunakan para gitaris - gitaris jazz diantaranya adalh BB King da Chuck Berry.

Gibson dan Fender adalh pengusaha pembuat gitar yg telah berjasa mengembangkan instrumen ini khususnya gitar listrik dengan desai - desain yg futuristik. Keduanya sudah menjadi standart gitar bagi para musisi , seperti sekarang kita atau Fender Stratocaster.   Setelah kedua perusahaan tersebut telah berhasil mengembangkan gitar listrik , maka mulailah banyak bermunculan perusahaan-perusahaan lain yg memproduksi gitar listrik sampai sekarang.

1 komentar:

Pengikut